[REVIEW] Bumbu Instan Bamboe Asia Tom Yum – Ikan Ekor Kuning

Ketika waktu sangat sempit, bayi anda sedang tidur dan anda sangat enggan terkena cipratan minyak saat menggoreng ikan, maka Bumbu Bamboe Asia Tom Yum adalah jawaban atas segala kegundahan itu. Berbekal sisa satu wortel di kulkas dan setengah kilo ikan ekor kuning, anda bisa mendapatkan sajian yang levelnya lumayan ketimbang beli masakan jadi di warteg/warpad.

Penampakan Bumbu Instan Bamboe Asia Tom Yum. Loved the packaging!
Penampakan Bumbu Instan Bamboe Asia Tom Yum. Loved the packaging!

Rasa-rasanya, tiada salahnya ketika belanja bulanan anda menyetok beberapa jenis bumbu instan sebagai inspirasi ketika mager mulai melanda. Salah satunya bumbu instan favorit saya sih ya si Bamboe ini. Favorit karena dia nyediain aneka ide masakan yang lebih variatif ketimbang merk lainnya. Selain itu dia modelnya kayak bumbu udah ditumis gitu alias mateng.

Petunjuk penyajian dan informasi lainnya.
Petunjuk penyajian dan informasi lainnya.

Tapi kalo kata saya mah, se-instan-instan-nya bumbu instan, ini cuma enak kalo kita tambahin bumbu sendiri juga. Buat tom yum ikan ini, berikut detail resepnya dan perkiraan biaya masak (Nggak termasuk garam, gula, gas, air) :

– Ikan ekor kuning 3 pcs (Rp. 15.000,-)
– Bawang Putih 5 siung (Rp. 1000,-)
– Daun jeruk 5 lembar (Rp. 100,-) > iya emang murah, orang gopek dapet serauk
– Sereh 2 batang (Rp. 500,-)
– Wortel sebats (Rp. 1000,-)
– Lemon 1 buah (Rp. 1000,-)
– Kecap Ikan 1 sdm (Rp. 200,-)
– Kaldu Jamur Merang (Rp. 700,-) > bisa di skip
– Setengah bungkus bamboe Tom Yum (Rp. 3000,-)

Pastanya begini modelnya.
Pastanya begini modelnya.

Cara masak, liat bungkusnya plus feeling dah. Waktu masak sekitar 20 menitan dan total  biaya abis Rp. 22.500,- untuk makan 3 orang. Kan! seorang berarti kena 7.500-an doang. Kalo beli ikan di warung padang seorang kena Rp. 15.000,-. You win! and saved Rp. 22.500,- *grin*

Penampakannya! Soo, Yummy!
Penampakannya! Soo, Yummy!

Review rasa : Tom yum banget lah, dulu suka kangen kalo makan di Steamboat  yang di margonda. Tapi sejak belajar bikin sendiri, jadi ga pengen kesana lagi. Kalo ga salah inget, sekali makan steamboat (bisa buat bertiga), itu sekitaran 80 ribu deh.

Nilai buat bumbu instan ini : 4/5

Saran : Next kalo tetep mau ikan, mungkin bisa cari jenis ikan yang strukturnya lebih setrong dan nggak cepet hancur pas di rebus. Mending fillet ikan yang tebel-tebel. Variasi lainnya kalian bisa pake cumi, udang, atau olahan seafood seperti crab stick atau bakso-baksoan.

#silminarecipe #silminareview #hematinshay #tomyum #fishtomyum #bumbuinstan #makananinstan

Depok, 18 Agustus 2017

Ide Masakan Gunung #2 : Terong Goreng Tabur Cabai Bawang Pakai Tepung Bakwan MamaSuka

Jangan keder ya sama nama resepnya haha, abisan bingung mau namain apa untuk resep kali ini. Yak, ide menu masakan yang kayaknya bakal cucok sama lidahnya orang Indonesia ini bisa jadi pilihan buat lauk pas lagi naik gunung. Selain bikinnya gampang, akhirnya kita juga bisa makan makanan yang bernutrisi ini. Jangan salah, akhirnya saya cari tau juga manfaatnya ni terong, dan ternyata dia emang punya khasiat ngatur asam lambung, pokoknya ramah banget ini makanan buat di usus.

Kita ini emang harus pilih-pilih ya sayuran yang dibawa itu harus tahan sama gempetan barang-barang di tas. Dan kayaknya nih ya, terong salah satu sayur yang setrong lah. Langsung aja nih resep sama cara bikinnya.

Bahan :
– Terong Ungu 1 buah (Rp. 1000,-)
– 1/4 bungkus tepung bumbu, saya pakai Miwon Tepung Bakwan Mamasuka 250G (beli di Indomaret Rp. 5700,-) berarti sekitaran Rp. 1.500 lah ya kepakenya.
– Bawang Merah 3 siung (Rp. 500,-)
– Bawang Putih 2 siung (Rp. 500,-)
– Cabe Merah & Rawit masing-masing 2 (Rp. 500,-)
– Garam secukupnya (bawa aja dari rumah, gratis >,<)

*itu harga perkiraan ya pas yang bumbu, aslinya mah lebih murah pastinya, itu buat acuan aja.

Mamasuka Tepung Bakwan
Mamasuka Tepung Bakwan

Cara buat :
– Iris kira-kira setengah cm terong
– Aduk 1/4 bungkus tepung bumbu dengan air, di kira-kira aja sampai mengental dan bisa bungkus irisan terong.
– Goreng dalam minyak panas, inget, tunggu panas dulu si minyaknya biar bagus hasilnya. Kalau warnanya udah agak coklat, angkat.
– Cincang bawang dan cabe, goreng sampai kering dan angkat.
– Taburin ke atas terong, dan tambahkan garam sedikit.

Sumpah, gampang beud.
Sumpah, gampang beud.

Total abis Rp. 4.000,- (belum termasuk minyak goreng dan gas yah). Cukuplah buat 3 orang makan.

Resep ini bisa juga buat ide pas lagi laper banget tapi pengen yang cepet-cepet gitu, kayak tadi pagi, belom sempet ke tukang sayur, adanya ini doang di kulkas. 15 menit, kelar dan si terong ini berhasil menjadi pemadam kelaparan sayah.

Ternyata emang lebih aman kita nyetok tepung bakwan, soalnya dia rasanya nggak terlalu asin, jadi kalau buat goreng sayuran pas. Beda kalau tepung-tepung bumbu yang buat daging, dia kurang cocok buat terong ini menurut saya. Pakai mamasuka ini teksturnya juga jadi ngembang gitu tapi tetep krenyes.

Recook? Of course!

#silminarecipe #mamanusantara #hematinshay

Depok, 14 Agustus 2017

Ide Masakan Gunung : Bikin Brownies Pake Teflon (Review Nutricake)

Kapan lagi ya kan bikin kuweh ga pake mikser dan cuma pake sendok!

Saya hobi travelling. Jaman di MAPA pas kuliah, kalau makan mah mayan ada gizinya karena itu tuntutan silabus setiap melakukan ekspedisi yang ngewajibin bikin menu harian (harus ada karbo, protein dan vitamin) berikut perhitungan kalori sehari 2500-3500 kalori pas lagi jalan menggunung. Iya diitungin, jadi kalo pas belanja bawa kalkulator sama catetan buat cari yang kalorinya tinggi pleus harga murah. Melototin tabel kalori snacks lamaa bener, yang nggak ngerti mungkin ngirain mau ngutil.

Pas belakangan, suka open trip dan nanjak bareng sama temen yang lain, main menunya back to basic, kalo nggak mie instan ya sarden. Padahal kalau dipikir-pikir tiap jalan ke swalayan, itu banyak banget makanan instan yang lainnya. Mungkin karena kita belum pernah coba jadi sangsi kalau mau coba-coba pas di gunungnya. Mangka dari itu, kali ini saya bakalan bikin series makanan instan. Kali aja yekan ada yang mau candle light dinner di gunung. (masa pake emi lodoh doang?!)

IMG_20170811_115538

BAHAN DAN CARA MASAK

Untuk postingan perdana ini saya bakalan review brownies-nya Nutricake. Bahan lain yang kudu disiapin cuman telur satu butir, margarin 100 gram (setengah sachet yang bentuk persegi itu lho) dan air 5 sendok makan. Campur semuanya, dan aduk sampai rata.

Kentelnya langsung pas pake 5 sendok makan air
Kentelnya langsung pas pake 5 sendok makan air

Brownies ini bisa di kukus atau di panggang. Karena saya niatnya buat ide masak di gunung, saya bakalan pakai cara panggang diatas teflon (saya pakai ukuran 20 cm). Kalau kalian ga punya teflon buat naik gunung, kalian bisa pakai nesting juga kok.

Saya pakek teflon 20 cm
Saya pakek teflon 20 cm

KUNCINYA SATU! Pakai api keciiiiil, biar gak gosong dan biar matangnya merata. Cara ngecek uda mateng apa belum, tinggal tusuk pakai garpu. Kalau garpunya bersih, itu uda mateng. Kalau di garpu masih ada tertinggal adonan, tungguin lagi sampe mateng. Kemaren ngetes di rumah si ini bisa mateng sekitar 20 menitan.

Apinya lebih kecil dari ini yaa, soalnya saya pake segini jadi agak cepet gosong
Apinya lebih kecil dari ini yaa, soalnya saya pake segini jadi agak cepet gosong

RASANYA KAYAK GIMANA SIH?

Awalnya nggak expect yang muluk-muluk, taunya pas uda jadi ini enak banget loh!. Menurut saya manisnya pas, gak kurang ga lebih. Dan istimewanya ini ada choco chipsnya!, nyoklat juga (nggak rasa coklat abal pokoknya). Nggak ada sensasi milky nya. Pas lah, ibarat kata ini brownies versi original. Jadi kalau kalian suka sensasi creamy, milky, kalian bisa pakein susu kental manis pas udah mateng, atau taburan keju.

Ajib yah! teflon doang padahal.
Ajib yah! teflon doang padahal.

Tekstur? moist gitu, nggak bikin seret atau enek.  Satu porsi ini menurut saya idealnya cukup untuk 3 orang. Cucok dinikmati bareng kopi. (aduh jadi kangen kemping!).

Desainnya eye-catching, plastiknya tebel, aman buat travelling
moist dan manisnya pas!

ABIS BERAPA?

Harga per-Agustus 2017
Nutricake 230 gram Rp. 12.500,-
Telur satu butir katakanlah Rp. 1.500,-
Margarin setengah sachet Rp. 3.000,-.

Total Rp. 17.000,- saja sodara-sodara!

Lumayanlah, kalau mau mevvah-mevvah-an di gunung. Meskipun emang kalo udah treking tiga jam mah, biskuit togo juga abis-abis aja.

Intinya, recommended!

Nilai : 4.5/5

 

Depok, 12 Agustus 2017

 

 

Resep Ayam Bumbu Kecap Andalan

ayam kecap2
Porsi sekali makan sekeluarga (6 orang)

Posting perdana tulisan tentang kegiatan belajar memasak, cuma ga ada takarannya yah soalnya emang kalau masak juga pake kira-kira 😀 . Ini dia salah satu resep favorit yang disukai kakak dan adik-adikku. 

Menu ini praktis banget dan cocok sebagai menu berbuka maupun sahur. Kira-kira saya menyelesaikan masakan ini selama 40 menitan 🙂

Bahan :
– Ayam
– Tempe

Bumbu :
– Bawang Putih
– Garam
– Lada
– Gula Merah
– Gula Pasir
– Laos
– Kecap
– Cabe Merah
– Kaldu ayam (pakai sisa air rebusan ayam)

Cara Memasak Ayam Bumbu Kecap :
– Ayam direbus hingga hampir sat, lalu goreng sampai kering
– Tempe digoreng sampai kering
– Tumis bumbu bawang putih, garam, lada yang sudah dihaluskan
– Masukkan cabe merah yang sudah diiris
– Masukkan laos dan gula merah yang sudah diiris
– Masukkan gula
– Masukkan kecap
– Masukkan kaldu
– Aduk sampai agak mengental
– Masukkan ayam goreng
– Masukkan tempe goreng
– Aduk sampai merata, Sajikan

Menggiurkan