Nasihat : Jalan Keluar dari Semua Persoalan

Sumber Gambar : darussalaf.or.id
Sumber Gambar : darussalaf.or.id

Setiap manusia sudah pasti sedang menghadapi persoalan. Entah kemudian persoalan itu sulit atau mudah. Yang jelas, sesungguhnya tiada manusia normal di dunia ini yang tidak memiliki sebuah perkara untuk diselesaikan. Namun pada kenyataannya, terkadang kita lupa bahwa setiap persoalan, selalu datang bersama jawaban. Atau kita tidak lupa, tapi memilih untuk tidak percaya.

Dari kecil kita sudah belajar bahwa ternyata badai-badai bisa reda, ujian-ujian bisa terlewati. Meski memang, kadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Toh itupun tidak mengapa, karena kemudian saya belajar bahwa setiap proses tidak pernah mengkhianati hasil.

Masalah itu bukan sesuatu untuk dikeluhkan. Terlebih jika kau keluhkan itu kepada manusia. Sama sekali bukan. Jika kita kesulitan menghadapi masalah, sesungguhnya kita sedang diminta ditingkatkan ikhtiarnya, sesuai dengan ilmu dan kemampuan yang Allah sudah titipkan pada kita selama ini.

Dampingi ikhtiar itu dengan ibadah yang baik. Sholatlah. Bukanlah Allah sudah janjikan kepada manusia beriman bahwa ketaqwaan selalu beriringan dengan sumber kebahagiaan?

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (At-Talaq 65 : 2)

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At-Talaq 65 : 3)

Bangkitlah dari pulasmu. Tambahkan rakaat dan sujudmu pada sepertiga malam. Sungguh, Allah adalah Tuhan yang tiada pernah mengingkari janjinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’”

Muslim dalam Shahih-nya, kitab Shalatul Musafirin wa Qasriha, bab At-Targhib fid Du’a wal Dzikri fil Akhiril Lail wal Ijabati Fihi, no. 758.

Kembalikan semuanya kepada Allah. Karena Allah-lah sebaik-baik tempat kembali. Dekatkan diri pada Al-quran, niscaya selamat dalam kehidupan.

 

Depok, 17 Januari 2017
Silmina Ulfah