Pengalaman Membuat SKCK di Mabes POLRI untuk Kelengkapan Visa Resident Taiwan

Tanggal urus dokumen SKCK : Rabu, 25 April 2018

Kali ini saya akan memberikan pengalaman saat mengurus SKCK di Mabes POLRI. Sebagai informasi, untuk persyaratan pembuatan visa resident, SKCK wajib keluaran Mabes POLRI dan tidak bisa diurus di tempat lainnya. Namun, Saya pernah bertemu teman yang sama-sama ingin membuat Visa Resident Taiwan, dia membuatnya di Polsek (kalau tidak salah di Medan), dan dia tinggal menunjukkan surat itu saat di Mabes POLRI dan ambil sidik jari.

Kalau kita baca di webnya, sebetulnya kita bisa urus SKCK ini secara online juga lho, namun penjelasan artikel kali ini saya akan jelaskan berdasarkan pengalaman saya ya, yaitu dengan cara registrasi langsung. Kira-kira begini urutannya:

  1. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan
  2. Membuat Rumus Sidik Jari di Gedung INAFIS
  3. Registrasi ke Loket Pembuatan SKCK
  4. Selesai

Durasi proses tergantung seberapa banyak antrian pada saat anda mengurusnya ya šŸ™‚

1.Ā Mempersiapkan Dokumen yang diperlukanĀ (Warga Negara Indonesia):

Berikut ini merupakan persyaratan yang wajib anda bawa saat mengurus SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

  1. Akta Lahir asli dan fotokopi 1 lembar
  2. Kartu KeluargaĀ dan fotokopi 1 lembar
  3. Kartu Tanda PendudukĀ dan fotokopi 1 lembar
  4. PasporĀ dan fotokopi 1 lembar
  5. Pas Foto Ukuran 4 x 6 berwarna dan berlatar belakang warna merah (Saya kemarin terpakai 6 Lembar, sebaiknya bawa lebih untuk jaga-jaga).

2. Membuat Rumus Sidik Jari di Gedung INAFIS

INAFIS merupakan kependekan dari Indonesia Automatic Finger Print Identification, sebuah divisi yang berfungsi dalam penyediaan informasi seseorang melalui sidik jari mereka. Ya mungkin kalau di rumah sakit semacam rekam medis kali ya? (sotoy). Jadi kantor Mabes POLRI itu besar banget dan gedungnya terpisah berseberangan antara loket registrasi pembuatan SKCK dan tempat untuk merekam sidik jari kita. Jangan khawatir, disana para petugas sangat ramah dan informatif untuk memberikan petunjuk kepada kita.

Bangku RUang Tunggu di Gedung INAFIS

Bangku Ruang Tunggu di Gedung INAFIS

Karena saya datang sangat pagi, yaitu sekitaran jamĀ 7 pagi, saya harus menunggu loket buka. Saya pengunjung pertama, enaknya berangkat pagi kita jadi tidak grasah grusuh dan antri panjang, soalnya pengalaman suami saya datang di jam nanggung gitu (sampai sekitaran menjelang makan siang, akhirnya selesai hingga sore). Ingat, setelah urus sidik jari kan kita juga harus antri di loket registrasi SKCK.

View dari Ruang Tunggu, Masih Kepagian

View dari Ruang Tunggu, Masih Kepagian

Form sebelum ambil sidik jari

Form sebelum ambil sidik jari

Ruang tunggu nyaman dan ada televisi, saya anjurkan membawa buku bacaan supaya tidak bosan ya. Sambil menunggu, saya diminta untuk mengisi formulir. Setelah loket buka, saya pun masuk ke ruangan.

Ada mesin seperti saat mengambil sidik jari e-KTP, kita akan diminta untuk meletakkan jari kita di scanner. Kemudian mereka akan menghitung hasil (nggak ngerti cara ngitungnya yang jelas nanti hasilnya kaya kode-kode gitu). Setelah ambil sidik jari, kita akan diminta duduk untuk diambil foto tampak depan dan samping (kayak di film-film kriminal). Pengambilan selesai, kita tinggal tunggu dipanggil untuk diberikan kartu rumus sidik jari. Keseluruhan proses memakan waktu kurang lebih setengah jam (termasuk menunggu hasilnya).

Untuk pembuatan kartu rumus sidik jari ini gratis ya.

3. Registrasi ke Loket Pembuatan SKCK

Foto diambil dari jembatan penyebrangan dari gedung yang ada loket SKCK menuju gedung INAFIS

Foto diambil dari jembatan penyebrangan dari gedung yang ada loket SKCK menuju gedung INAFIS

Situasi Pagi, sebelah kanan gedung INAFIS dan Kiri gedung loket registrasi SKCK

Situasi Pagi, sebelah kanan gedung INAFIS dan Kiri gedung loket registrasi SKCK

 

Dari gedung INAFIS, kita nyebrang lagi ke gedung dimana loket registrasi pembuatan SKCK berada. Oh iya, jangan lupa untuk fotokopi kartu rumus sidik jari sebelum ke loket. Alhamdulillah punya kenalan di BNI depan gedung INAFIS, jadi bisa fotokopi gratisan hihi.

Sampai di loket, ambil nomor antrian dan tunggu dipanggil. Sambil menunggu, siapkan pulpen dan dokumen yang akan diserahkan karena kita akan mengisi form lagi yang lumayan banyak. Enaknya datang pagi karena antrian masih sepi, jadi tidak terlalu menunggu lama untuk submit dokumen.

Sebelah kanan tempat ambil nomor antrian loket registrasi SKCK

Sebelah kanan tempat ambil nomor antrian loket registrasi SKCK

Loket SKCK (Tertera tu biaya pembuatannya ya di stiker loket)

Loket SKCK (Tertera itu biaya pembuatannya ya di stiker loket)

Ruang Tunggu Loket SKCK

Ruang Tunggu Loket SKCK

Info pembuatan SKCK Online

Info pembuatan SKCK Online

Pengumuman durasi pembuatan

Pengumuman durasi pembuatan

Nanti kita juga akan ditanya-tanya tentang keperluan kita dalam rangka apa, tenang saja, ini memang menjadi prosedur. Untuk pembuatan SKCK ini, siapkanĀ dana sebesarĀ Rp30.000,-. Setelah data diinput, saya diminta untuk menunggu selama 3 jam (waw, lama juga pikir saya, akhirnya saya memilih untuk minta diambilkan oleh adik saya yang kantornya persis di depan Mabes). Alhamdulillah, bisa diwakilkan selama ada bukti pembayarannya.

Bukti pembayaran SKCK

Bukti pembayaran SKCK

 

Tapi kalau baca pengalam orang lain, ada yang hanya menunggu selama 30 menit aja loh. Sekali lagi, informasi diatas adalah situasi berdasarkan pengalaman pribadi šŸ˜›

Kalau naik kereta, maka stasiun yang terdekat sebetulnya kebayoran, cuma karena saya dari Depok, pas pulang saya naik ojek online ke stasiun Cawang.

Alamat Lengkap Mabes POLRI :Ā Jl. Trunojoyo No.3, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110, Indonesia.

 

Semoga bermanfaat

 

11 Juli 2018